TINAMAE (BURUNG INTERMEDIET)

Sabtu, 20 Oktober 2012
BAB I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
Burung mempunyai daya tarik khusus bagi manusia karena berbagai alasan diantaranya adalah burung lebih mudah dilihat daripada hewan lain. Beberapa burung memiliki ukuran besar, sebagian diurnal dan sebagai anggota kelas;maka burung banyak hidup berdampingan dalam lingkungan manusia. Burung memiliki keindahan bentuk dan warna serta cara perkawinan yang menarik. Beberapa aspek pada burung seperti pola terbang,makanan dan kegiatan kawin tidak terlalu sulit untuk diamati.Aspek lain yang menarik adalah tingkahlaku burung,suara,siulan dan nyanyian yang indah yang sangat spesifik bagi tiap-tiap burung. Burung berkembang dari reptilia.
Nenek moyang burung adalah Archeopteriyx yang merupakan kombinasi sifat reptilia dan burung dan merupakan mata rantai perkembangan evolusi reptil dan burung yang tergambar melalui temuan fosil zaman Jurasic di daerah bavaria. Beberapa akhli menilai archeopteryx adalah burung purba dan ada pula yang berpendapat sebagai Dinosaurus yang berbuli,di mana bulu tersebut merupakan thermoinsulator yang diperlkan pada wkatu terbang. Ada beberapa alasan untuk menempatkan burung sebagai vertebrata tinggi. Burung memiliki struktur tubuh dan fisiologi yang berkembang lebih baik dari pada vertebrata lainnya termasuk mammalia.
Meskipun ada sejumlah kecil burung yang tidak dapat terbang,namun semua struktur aves merupakan bentuk adaptasi untuk terbang. Hal ini jelas tampak pada burung yang tak dapat terbang seperti burung unta dan penguin yang menunjukan bahwa mereka berasal dari nenek moyang yang dapat terbang,adaptasi ini tampak dalam bentuk tubuh yang
aerodinamik yang memungkinkan mereka untuk terbang. Berarti lepas dari ukuran tubuh,warna,bentuk paruh dan kaki,terdapat derajat keaneka ragaman struktur yang sangat tinggi untuk kelas aves jika dibandingkan dengan kelas lainnya sperti mammalia. Keaneka ragaman struktur ini menyebabkan sistem klassifikasi yang meliputi perbedaan morfologi sulit untuk dibuat.

B.   RUMUSAN MASALAH
Dari rangkaian uraian rumusan masalah di atas dapat disimpulkan beberapa rumusan masalah, Antara Lain:
1.     Apakah pengertian tinamae?
2.     Bagaimanakah perilaku dan ekologi tinamae?
3.     Bagaimanakah cirri-ciri dari tinamae?
4.     Bagaimanakah klasifikasi tinamae?

C.   TUJUAN
Adapun tujuan pembuatan makalah dengan judul tinamae ini adalah:
1.     Untuk mengetahui pengertian tinamae.
2.     Untuk mengetahui perilaku dan ekologi tinamae.
3.     Untuk mengetahui cirri-ciri dari tinamae.
4.     Untuk mengetahui klasifikasi dari tinamae.




BAB II
PEMBAHASAN
A.   PENGERTIAN
Burung intermediet yaitu burung yang tidak terlalu mahir terbang kelompok tersebut termasuk superordo Tinamae. Tinamae adalah kelompok yang kurang dapat diperbandingkan karena daerah penyebarannya yang sangat terbatas (Amerika selatan ). Dibandingkan dengan ratitae dan carinatae,burung ini agak primitif. Kemiripannya dengan Ratitae adalah sam-sama memiliki tipe Palatum palaeognathous. Sebagai burung yang dapat terbang ada kemiripan dengan carinatae yaitu tulang sternum (keel) yang menopang otot terbang berkembang dengan baik. Contoh dari  burung tanamae atau burung intermediet adalah burung puyuh (Eudromia elegans) dan Tinamous.
Eudromia adalah genus burung dalam keluarga Tinamou. Genus ini terdiri dari dua anggota jambul. Udromia berasal dari dua kata Yunani, yang berarti eu baik atau baik, dan dromos berarti melarikan diri berjalan. Definisi ini bersama-sama berarti, melarikan diri berjalan baik, yang mengacu pada kebiasaan mereka melarikan diri predator dengan running.
Tinamous adalah paleognaths terkait dengan ratites terbang. Mereka mungkin dekat dalam penampilan dengan nenek moyang terbang dari ratites. Tidak seperti Ratites lainnya, tinamous bisa terbang, meskipun secara umum, mereka tidak selebaran yang kuat.
Tinamous adalah keluarga yang terdiri dari 47 jenis burung yang ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan. Salah satu kelompok makhluk hidup yang paling kuno burung, mereka terkait dengan ratites. Umumnya tanah hunian, mereka ditemukan dalam berbagai habitat. Meskipun mereka terlihat mirip dengan lainnya tanah-tinggal burung seperti puyuh dan belibis, karakter mereka berbagi adalah hasil dari konvergensi ketimbang inovasi evolusi bersama. Tinamidae tidak memiliki kerabat dekat hidup daripada ratites terbang, dan dengan demikian ditempatkan dalam urutan mereka sendiri, Tinamiformes.
Dari asal Gondwanan, tinamidae terkait dengan ratites. Meskipun catatan fosil di Amerika Selatan umumnya miskin, catatan fosil tinamiform dikenal kembali 10 juta tahun ke zaman Miosen Bersama. Dengan ratites, mereka membuat Palaeognathae ("rahang lama"), sementara semua burung hidup lainnya adalah anggota Neognathae ("rahang baru"). Tidak seperti palaeognaths lainnya, tinamids memang memiliki sternum keeled, tetapi seperti palaeognaths lain mereka memiliki langit-langit yang berbeda.
B.   PERILAKU DAN EKOLOGI
Tinamous lebih memilih untuk berjalan atau berlari, tetapi akan terbang untuk menghindari predator dan bahaya lainnya. Ketika mereka telah kehabisan semua teknik penghindaran lainnya, termasuk bersembunyi di liang, mereka mungkin terbang. Teknik mereka adalah kepakan sayap-mengalahkan diikuti oleh meluncur panjang, diikuti oleh ledakan sayap-ketukan.
Tinamous jarang terlihat tetapi sering terdengar dalam jangkauan mereka. Meskipun beberapa spesies yang sangat umum, mereka pemalu dan tertutup. Sejumlah kecil spesies hidup di lebih terbuka, negara berumput, tapi bahkan ini adalah waspada terhadap manusia. Tinamous memiliki berbagai macam panggilan.
Tinamous bertelur beberapa sarang tanah dilapisi dengan rumput dan daun, dan laki-laki akan menetaskan telur. Dia akan meninggalkan sarang untuk memberi makan, dan dia mungkin akan pergi dari 45 menit sampai 5 jam. Biasanya, laki-laki tidak akan menutupi telur ketika ia meninggalkan untuk memberi makan, meskipun telur tidak disamarkan. Dalam spesies Tinamou kebanyakan, laki-laki adalah poligami dan perempuan adalah polyandrous. Telur yang menarik berwarna, dalam warna tunggal dan memiliki gloss keras seperti porselen. Yang muda prekosial, dan dapat menjalankan hampir segera setelah mereka menetas. Para ilmuwan percaya bahwa mereka mandiri dalam waktu 20 hari. Tinamous terutama makan buah-buahan dan biji-bijian kecil dari tanah atau off tanaman yang berada di dekat tanah. Mereka bisa melompat 10 cm (3,9 in) untuk mencapai makanan mereka. Mereka juga akan memakan tunas, daun bunga lembut, dan akar, serangga dan larva mereka, worm, dan moluska. Hewan kecil yang dimakan utuh, sedangkan yang lebih besar akan dipukuli terhadap tanah atau mematuk. Uni Internasional untuk Konservasi Alam mengklasifikasikan lima spesies Tinamou sebagai rentan dan dua spesies sebagai dekat terancam. Ancaman utama tinamous adalah fragmentasi habitat dan perambahan oleh manusia pada habitat mereka.
Tinamous (Tinamiformes order), salah satu dari sekitar 47 spesies dari tanah-tinggal burung ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan. Tinamous dangkal menyerupai ayam hutan dan burung puyuh tapi memiliki kemampuan penerbangan terbatas, lebih memilih untuk berjalan atau berlari daripada terbang. Kebanyakan menghuni hutan, tetapi beberapa tinggal di daerah yang lebih terbuka. Drably berwarna, campuran tinamous ke dalam lingkungan mereka, di mana mereka umumnya hidup sendiri atau dalam kelompok-kelompok kecil. Urutan Tinamou telah lama para ilmuwan tertarik karena banyak fitur tinamous 'menghubungkan mereka ke burung terbang yang besar, atau ratites (lihat burung unta, emu, kasuari, dan rhea).
Tinamous agak seragam dalam proporsi tubuh dan sikap. Tubuh cukup berat, dengan garis pantat tinggi dari perkembangan besar bulu pantat, yang umumnya menyembunyikan ekor yang sangat pendek atau bahkan dasar. Spesies dari berbagai tinamous dalam ukuran dari yang dari Tinamou kerdil (Taoniscus Nanus)-sekitar 15 cm (6 inci) panjang dan 150 gram (5 ons) berat-menjadi sekitar 50 cm (20 inci) panjang dan 2 kg (4 pon) pada spesies yang lebih besar, seperti Tinamou besar (Tinamus utama). Kepala kecil dan tagihan menengah, relatif tipis, dan sedikit downcurved. The, pendek sayap bulat yang mencolok pada burung berdiri, dan bulu penerbangan primer yang tersembunyi oleh bulu penuh panggul. Kaki telanjang biasanya agak tebal dan panjang menengah. Ada tiga jari kaki depan pendek, dengan ujung belakang baik tinggi atau tidak. Tinamous sangat disesuaikan untuk hidup di tanah, tinamous biasanya berjalan cepat (terutama spesies savana) dan dapat berjalan dengan kecepatan yang luar biasa. Jika dipaksa berjalan diperpanjang, namun, mereka cepat lelah dan cenderung tersandung dan jatuh. Mereka paling mampu luput dari perhatian dengan berdiri tak bergerak dengan leher diperpanjang atau dengan diam-diam menyelinap pergi, memanfaatkan penutup yang tersedia. Beberapa spesies mungkin mendekam atau bahkan berpura-pura mati. Mereka naik pesawat hanya ketika hampir menginjak atas. Mereka yang hidup di medan terbuka kadang-kadang bersembunyi di lubang hewan.
Penerbangan dari tinamous yang kikuk tapi cepat dan disertai dengan suara gemuruh atau bersiul dihasilkan oleh sayap. The jambul elegan Tinamou (Eudromia elegans) di dataran tinggi terbuka periode Argentina bergantian dari mengepak dengan meluncur singkat. Ketika memerah, spesies hutan kadang-kadang bertabrakan dengan cabang dan batang pohon dan dapat melukai diri sendiri. Jika dipaksa untuk membuat beberapa penerbangan dalam suksesi singkat, tinamous segera menjadi kelelahan, rupanya karena tingkat sirkulasi yang rendah, pada gilirannya berhubungan dengan ukuran kecil mengherankan jantung dan paru-paru. Otot-otot penerbangan yang berkembang dengan baik, tapi sistem peredaran darah tampaknya tidak cukup untuk kegiatan yang berkelanjutan.
Suara-suara tinamous adalah salah satu yang terkuat dan paling menyenangkan dari setiap di daerah tropis Amerika. Mereka terdiri dari peluit keras tapi merdu, bervariasi dari urutan panjang dan menakjubkan songlike dari Tinamou coklat (Crypturellus obsoletus)-mengejutkan karena sebagian besar kerabat tinamous tidak menghasilkan vokalisasi-untuk rumit panggilan monosilabis dari Tinamou keabu-abuan (C. cinereus ). Panggilan dari laki-laki dan perempuan adalah sama, tetapi discernibly berbeda dengan telinga manusia. Spesies lain menyanyikan serangkaian catatan yang naik atau turun di lapangan. The Tinamou soliter perempuan (Tinamus solitarius) memiliki panggilan khusus yang diberikan selama ini sebelum bertelur, dan panggilan lain diucapkan oleh kedua jenis kelamin setelah bertengger di senja. Dalam sebagian besar spesies suara sangat ventriloquial, sehingga lokasi yang tepat dari burung sulit untuk menentukan.

C.   CIRI-CIRI TINAMAE
Tinamae memiliki cirri-ciri sebagai berikut yang dapat membedakannya dengan jenis dan karinatae, yaitu:
1.     Sayapnya kecil dan bulat,tetapi dapat mendukung terbang dengan jarak pendek.
2.     Kakinya kuat dan sering cukup panjang,sebagian besar anggotanya menghindar dari predator dengan lari daripada terbang.
3.     Bulu tubuhnya tersusun dalam bidang tertentu (pterylae). Bulu sayapnya memiliki baarbulae-barbulae yang bersambungan satu sama lain untuk menghailkan baling-baling yang keras,tetapi bulu ekor rdireduksi dan tidak berperanan dalam terbang.
4.     Sternum memiliki sebuah lunas median atau carina,tapi ringan dan emarginane mendalam.
5.     Tulang-tulang palatum palaeognathous. Ada basipterygoid proses yang menonjol dari dinding cranial dan vomer besar.
6.     Gelang bahu memiliki clavicula yang membentuk furcula bentuk “U” (tulang garpu). Coracoid dan scapula bersatu pada sekitar sudut kanan.
7.     Gelang panggul ringan. Illium dan ischium tidak bergabung di posterior untuk melingkupi foramen sciatic,tapi dapat meneriama hubungan.
8.     Vertebrae caudal terminal bergabung membentuk pygostyle.

D.   KLASIFIKASI TINAMAE
Berikut Beberapa Contoh Dari Subordo Tinamae, Yaitu:
1.     burung puyuh berjambul dua
Ø Kingdom: Animalia
Ø Filum: Chordata
Ø kelas: Aves
Ø Ordo: Tinamiformes
Ø famili: Tinamidae
Ø Genus: Eudromia
Ø Species: Eudromia elegans (burung puyuh)




2.     burung puyuh berjambul satu
Ø Kingdom: Animalia
Ø Phylum: Chordata
Ø Class: Aves
Ø Order: Tinamiformes
Ø Family: Tinamidae
Ø Genus: Eudromia
Ø Spesies: Eudromia Formosa















BAB III
PENUTUP
A.   KESIMPULAN
Tinamae atau sering dikenal dengan burung intermediet atau burung peralihan adalah jenis burung  yang kemampuan terbangnya sangat rendah. Burung ini lebih senang berlari atau berjalan ditanah ketimbang terbang, jenis burung tinamae akan melakukan penerbangan apabila dalam posisi terancam atau terbang hanya untuk menghindari predator.

0 komentar:

Posting Komentar