CONTOH PROPOSAL KONSERVASI

Minggu, 01 September 2013





PROPOSAL 


A.  LATAR BELAKANG
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan karunia-Nya kepada kita semua.
Keindahan alam secara nyata memberi kemakmuran bagi negeri. Namun tanpa kita sadari perkembangan zaman dan kemajuan tekhnologi membuat segelintir orang saling bersaing untuk mengekplorasi sumber daya alam. Secara berangsur-angsur perubahan itu terlihat secara nyata dan jelas seiring kemajuan zaman dan teknologi canggih.
Mengingat dunia modernisasi yang sekarang ini sangat berkembang dengan pesatnya, penggunaan rumah kaca dan lain sebagainya yang secara tidak sadar akan mengancam segala aspek kehidupan yang berada di bumi ini. Bukan tidak menyadari hal-hal seperti itu, tidak adanya kesadaran dari para pelaku lingkungan merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya pemanasan global (global warming). Ironisnya, pemasan global ini disebabkan oleh penipisan lapisan ozon (O3) yang dikarenakan oleh ulah para pelaku lingkungan yang tidak bertanggung jawab seperti penebangan pohon secara liar tanpa memikirkan dampak jangka panjang dari aktivitas tersebut.
Menyadari hal-hal seperti yang diurai di atas, diharapkan kedepannya diperlukan sosialisasi dan tindakan langsung yang nyata dari para pelaku lingkungan untuk dapat bergerak agar cepat agar bumi kita dapat kita selamatkan dari bahaya-bahaya yang tidak kita inginkan.
Lingkungan yang berada disekitar kabupaten sumbawa besar ini termasuk daerah yang sangat sedikit dengan pepohonan hijau. Oleh karena itu, kegiatan seperti konservasi serta perlindungan hutan yang masih ada merupakan salah satu bentuk kegiatan nyata yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan bumi dari global warming.
Biologi sebagai salah satu jurusan yang ada di lingkungan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan di universitas samawa sumbawa besar tergerak untuk ikut serta dalam penyelamatan keberadaan pepohonan hijau yang ada di lingkungan kabupaten sumbawa besar dan hal ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap alam dan lingkungan. Disamping itu, pelaksanaan kegiatan konservasi ini diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap lingkungan. Semoga apa yang kami lakukan ini dapat terlaksana dengan baik guna meningkatkan kualitas lingkungan yang kita tempati ini dan meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan serta menambah pengetahuan kami sebagai mahasiswa jurusan pendidikan biologi.

B.   NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah “KONSERVASI ALAM SEBAGAI BENTUK KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN” dengan Tema “Konservasi Alam Hutan Semongkat  Guna Mengurangi Global Warming Dan meningkatkan kesadaran masyarakat Terhadap Lingkungan ”.

C.  TUJUAN KEGIATAN
Adapun tujuan dari kegiatan ini sesuai dengan uraian latar belakang di atas, antara lain:
1.      Menjaga kelestarian alam hutan semongkat sebagai media penyuplai sumber mata air di kabupaten sumbawa besar.
2.      Mengurangi dampak global warming.
3.      Menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan.
4.      Meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

D.  WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Hari/ Tanggal          : Jum’at, 13 s.d 15 September 2013
Tempat                   : Semongkat, Kec. Batu Lanteh, Kab. Sumbawa Besar.

E.   PELAKSANA KEGIATAN
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar.

F.   SUSUNAN ACARA
(Terlampir)

G.  ANGGARAN DAN BIAYA
(Terlampir)

H.  PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat, besar harapan kami semua pihak dapat membantu guna terlaksananya kegiatan yang dimaksud. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan serta pahala atas apa yang kita lakukan. Amin.

Sumbawa Besar, 26 Agustus 2013
Panitia pelaksana,
Kegiatan konservasi alam hutan semongkat
Ketua panitia,


JEVI IRVAN
Sekretaris


ROHOL HAYATI
Mengetahui,
Wadek Kemahasiswaan FKIP UNSA


RUSDIANTO AR, M.Pd
Ketua Program Studi Pendidikan Biologi


SUPRIADI, M.Si
Ketua HIMABIO



FIRDAUS

0 komentar:

Posting Komentar