PENCIPTAAN ALAM SEMESTA
Asal
mula alam semesta digambarkan dalam Al Qur'an pada ayat berikut:
"Dialah pencipta langit dan bumi." (Al Qur'an, 6:101) ![]()
Kesimpulan
yang didapat astrofisika saat ini adalah bahwa keseluruhan alam semesta,
beserta dimensi materi dan waktu, muncul menjadi ada sebagai hasil dari suatu
ledakan raksasa yang tejadi dalam sekejap. Peristiwa ini, yang dikenal dengan
"Big Bang", membentuk keseluruhan alam semesta sekitar 15 milyar
tahun lalu. Jagat raya tercipta dari suatu ketiadaan sebagai hasil dari ledakan
satu titik tunggal. Kalangan ilmuwan modern menyetujui bahwa Big Bang
merupakan satu-satunya penjelasan masuk akal dan yang dapat dibuktikan
mengenai asal mula alam semesta dan bagaimana alam semesta muncul menjadi
ada.
Sebelum Big Bang, tak ada yang
disebut sebagai materi. Dari kondisi ketiadaan, di mana materi, energi,
bahkan waktu belumlah ada, dan yang hanya mampu diartikan secara metafisik,
terciptalah materi, energi, dan waktu. Fakta ini, yang baru saja ditemukan
ahli fisika modern, diberitakan kepada kita dalam Al Qur'an 1.400 tahun lalu.
Sensor sangat peka pada satelit ruang angkasa COBE yang diluncurkan NASA pada tahun 1992 berhasil menangkap sisa-sisa radiasi ledakan Big Bang. Penemuan ini merupakan bukti terjadinya peristiwa Big Bang, yang merupakan penjelasan ilmiah bagi fakta bahwa alam semesta diciptakan dari ketiadaan.
Dalam
Al Qur'an, yang diturunkan 14 abad silam di saat ilmu astronomi masih
terbelakang, mengembangnya alam semesta digambarkan sebagaimana berikut ini:
"Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya." (Al Qur'an, 51:47) Kata "langit", sebagaimana dinyatakan dalam ayat ini, digunakan di banyak tempat dalam Al Qur'an dengan makna luar angkasa dan alam semesta. Di sini sekali lagi, kata tersebut digunakan dengan arti ini. Dengan kata lain, dalam Al Qur'an dikatakan bahwa alam semesta "mengalami perluasan atau mengembang". Dan inilah yang kesimpulan yang dicapai ilmu pengetahuan masa kini.
Hingga
awal abad ke-20, satu-satunya pandangan yang umumnya diyakini di dunia ilmu
pengetahuan adalah bahwa alam semesta bersifat tetap dan telah ada sejak
dahulu kala tanpa permulaan. Namun, penelitian, pengamatan, dan perhitungan
yang dilakukan dengan teknologi modern, mengungkapkan bahwa alam semesta
sesungguhnya memiliki permulaan, dan ia terus-menerus "mengembang".
Pada
awal abad ke-20, fisikawan Rusia, Alexander Friedmann, dan ahli kosmologi
Belgia, George Lemaitre, secara teoritis menghitung dan menemukan bahwa alam
semesta senantiasa bergerak dan mengembang.
Fakta
ini dibuktikan juga dengan menggunakan data pengamatan pada tahun 1929.
Ketika mengamati langit dengan teleskop, Edwin Hubble, seorang astronom
Amerika, menemukan bahwa bintang-bintang dan galaksi terus bergerak saling
menjauhi. Sebuah alam semesta, di mana segala sesuatunya terus bergerak
menjauhi satu sama lain, berarti bahwa alam semesta tersebut terus-menerus
"mengembang". Pengamatan yang dilakukan di tahun-tahun berikutnya
memperkokoh fakta bahwa alam semesta terus mengembang. Kenyataan ini
diterangkan dalam Al Qur'an pada saat tak seorang pun mengetahuinya. Ini
dikarenakan Al Qur'an adalah firman Allah, Sang Pencipta, dan Pengatur
keseluruhan alam semesta.
Satu
ayat lagi tentang penciptaan langit adalah sebagaimana berikut:
"Dan apakah orang-orang yang
kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah
suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami
jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga
beriman?" (Al Qur'an, 21:30)
Kata
"ratq" yang di sini diterjemahkan sebagai "suatu yang
padu" digunakan untuk merujuk pada dua zat berbeda yang membentuk suatu
kesatuan. Ungkapan "Kami pisahkan antara keduanya" adalah
terjemahan kata Arab "fataqa", dan bermakna bahwa sesuatu muncul
menjadi ada melalui peristiwa pemisahan atau pemecahan struktur dari
"ratq". Perkecambahan biji dan munculnya tunas dari dalam tanah
adalah salah satu peristiwa yang diungkapkan dengan menggunakan kata ini.
Marilah
kita kaji ayat ini kembali berdasarkan pengetahuan ini. Dalam ayat tersebut,
langit dan bumi adalah subyek dari kata sifat "fatq". Keduanya lalu
terpisah ("fataqa") satu sama lain. Menariknya, ketika mengingat
kembali tahap-tahap awal peristiwa Big Bang, kita pahami bahwa satu titik
tunggal berisi seluruh materi di alam semesta. Dengan kata lain, segala
sesuatu, termasuk "langit dan bumi" yang saat itu belumlah
diciptakan, juga terkandung dalam titik tunggal yang masih berada pada
keadaan "ratq" ini. Titik tunggal ini meledak sangat dahsyat,
sehingga menyebabkan materi-materi yang dikandungnya untuk "fataqa"
(terpisah), dan dalam rangkaian peristiwa tersebut, bangunan dan tatanan
keseluruhan alam semesta terbentuk.
Ketika
kita bandingkan penjelasan ayat tersebut dengan berbagai penemuan ilmiah,
akan kita pahami bahwa keduanya benar-benar bersesuaian satu sama lain. Yang
sungguh menarik lagi, penemuan-penemuan ini belumlah terjadi sebelum abad
ke-20.
Tatkala
merujuk kepada matahari dan bulan di dalam Al Qur'an, ditegaskan bahwa
masing-masing bergerak dalam orbit atau garis edar tertentu.
"Dan Dialah yang telah
menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya
itu beredar di dalam garis edarnya." (Al Qur'an, 21:33)
Disebutkan
pula dalam ayat yang lain bahwa matahari tidaklah diam, tetapi bergerak dalam
garis edar tertentu:
"Dan matahari berjalan di
tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha
Mengetahui." (Al Qur'an, 36:38)
Fakta-fakta
yang disampaikan dalam Al Qur'an ini telah ditemukan melalui pengamatan
astronomis di zaman kita. Menurut perhitungan para ahli astronomi, matahari
bergerak dengan kecepatan luar biasa yang mencapai 720 ribu km per jam ke
arah bintang Vega dalam sebuah garis edar yang disebut Solar Apex. Ini
berarti matahari bergerak sejauh kurang lebih 17.280.000 kilometer dalam
sehari. Bersama matahari, semua planet dan satelit dalam sistem gravitasi
matahari juga berjalan menempuh jarak ini. Selanjutnya, semua bintang di alam
semesta berada dalam suatu gerakan serupa yang terencana.
Keseluruhan
alam semesta yang dipenuhi oleh lintasan dan garis edar seperti ini,
dinyatakan dalam Al Qur'an sebagai berikut:
"Demi langit yang mempunyai
jalan-jalan." (Al Qur'an, 51:7)
Terdapat
sekitar 200 milyar galaksi di alam semesta yang masing-masing terdiri dari
hampir 200 bintang. Sebagian besar bintang-bintang ini mempunyai planet, dan
sebagian besar planet-planet ini mempunyai bulan. Semua benda langit tersebut
bergerak dalam garis peredaran yang diperhitungkan dengan sangat teliti.
Selama jutaan tahun, masing-masing seolah "berenang" sepanjang
garis edarnya dalam keserasian dan keteraturan yang sempurna bersama dengan
yang lain. Selain itu, sejumlah komet juga bergerak bersama sepanjang garis
edar yang ditetapkan baginya.
Garis
edar di alam semesta tidak hanya dimiliki oleh benda-benda angkasa.
Galaksi-galaksi pun berjalan pada kecepatan luar biasa dalam suatu garis
peredaran yang terhitung dan terencana. Selama pergerakan ini, tak satupun
dari benda-benda angkasa ini memotong lintasan yang lain, atau bertabrakan
dengan lainnya. Bahkan, telah teramati bahwa sejumlah galaksi berpapasan satu
sama lain tanpa satu pun dari bagian-bagiannya saling bersentuhan.
Dapat
dipastikan bahwa pada saat Al Qur'an diturunkan, manusia tidak memiliki
teleskop masa kini ataupun teknologi canggih untuk mengamati ruang angkasa
berjarak jutaan kilometer, tidak pula pengetahuan fisika ataupun astronomi
modern. Karenanya, saat itu tidaklah mungkin untuk mengatakan secara ilmiah
bahwa ruang angkasa "dipenuhi lintasan dan garis edar" sebagaimana
dinyatakan dalam ayat tersebut. Akan tetapi, hal ini dinyatakan secara
terbuka kepada kita dalam Al Qur'an yang diturunkan pada saat itu: karena Al
Qur'an adalah firman Allah.
"Dia menciptakan langit dan
bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan
menutupkan siang atas malam..." (Al Qur'an, 39:5)
Dalam
Al Qur'an, kata-kata yang digunakan untuk menjelaskan tentang alam semesta
sungguh sangat penting. Kata Arab yang diterjemahkan sebagai
"menutupkan" dalam ayat di atas adalah "takwir". Dalam
kamus bahasa Arab, misalnya, kata ini digunakan untuk menggambarkan pekerjaan
membungkus atau menutup sesuatu di atas yang lain secara melingkar,
sebagaimana surban dipakaikan pada kepala.
Keterangan
yang disebut dalam ayat tersebut tentang siang dan malam yang saling menutup
satu sama lain berisi keterangan yang tepat mengenai bentuk bumi. Pernyataan
ini hanya benar jika bumi berbentuk bulat. Ini berarti bahwa dalam Al Qur'an,
yang telah diturunkan di abad ke-7, telah diisyaratkan tentang bentuk planet
bumi yang bulat.
Namun
perlu diingat bahwa ilmu astronomi kala itu memahami bumi secara berbeda. Di
masa itu, bumi diyakini berbentuk bidang datar, dan semua perhitungan serta
penjelasan ilmiah didasarkan pada keyakinan ini. Sebaliknya, ayat-ayat Al
Qur'an berisi informasi yang hanya mampu kita pahami dalam satu abad
terakhir. Oleh karena Al Qur'an adalah firman Allah, maka tidak mengherankan
jika kata-kata yang tepat digunakan dalam ayat-ayatnya ketika menjelaskan
jagat raya.
Dalam
Al Qur'an, Allah mengarahkan perhatian kita kepada sifat yang sangat menarik
tentang langit:
|
PENCIPTAAN ALAM SEMESTA
Diposting oleh
Dauz biotekhno
di
05.11
Jumat, 14 Oktober 2011
PARAGRAF
Diposting oleh
Dauz biotekhno
di
01.32
Rabu, 12 Oktober 2011
PARAGRAF
1. Pengertian
Paragraf
Pengertian paragraf merupakan
gabungan dari beberapa kalimat yang mempunyai satu kesatuan makna. Suatu
paragraf dapat dikatakan paragraf yang baik apabila setiap kalimat pada
paragraf tersebut mempunyai kesatuan. Kesatuan yang dimaksud adalah setiap
kalimat yang terdapat pada kalimat secara bersama-sama menyatakan suatu hal
atau suatu tema tertentu. Menurut Goris Keraf (1979: 1980: 67) suatu paragraf
dapat dikatakan paragraf yang baik dan efektif jika memenuhi tiga syarat yaitu;
kesatuan, koherensi, dan kohesi. Koherensi berarti ada kesatuan makna dari
masing kalimat pada paragraf. Kohesi artinya ada kata penghubung yang
menghubungkan antara kalimat atau pengulangan kata yang yang sudah digunakan
pada kalimat sebelumnya.
2. Ada Tiga Pola Pengembangan Paragraf
a. Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat
utamanya terletak di awal paragraf. Berada di awal kalimat bukan berarti bahwa
kalimat utama itu selalu berada di awal paragraf. Tetapi dapat pula berada pada
kalimat kedua dan ketiga. Hal itu bergantung pada kepada banyaknya kalimat
dalam sebuah paragraf. Ada kalanya kalimat utama berada pada kalimat pertama,
kedua, dan ke tiga.
Contoh paragraf deduktif
Tempat tinggal perlu
memenuhi syarat kesehatan, ketenangan, dan penerangan. Dari segi kesehatan,
tempat tinggal harus bebas dari udara lembab dan berbau busuk. Harus terdapat
peredaran udara yang langsung berhubungan dengan udara bersih di luar. Dari
segi ketenangan, tempat tinggal harus bebas dari keramaian, sebab tempat
tinggal yang ramai akan mengacaukan konsentrasi belajar. Dari segi penerangan,
tempat tinggal harus cukup terang agar tidak melelahkan kepala dan otak.
b.
Paragraf Induktif
Paragraf induktif merupakan kebalikan
dari paragraf deduktif. Kalau paragraf deduktif kalimat utamanya berada di awal
paragraf, sedangkan paragraf induktif berada di akhir paragraf. Jadi Paragraf
induktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf.
Contoh Paragraf induktif
Tidak ada alat yang lebih baik daripada bahasa untuk
mengungkapkan jiwa seseorang. Oleh karena itu, kecuali harus memperhatikan isi,
alur susunan cerita, sudut pandang, dan sebagainya bahasa sebagai alat
pengungkapannya harus diperhatikan. Diusahakan agar yang disampaikanya dapat
diterima oleh pembaca. Digunakannya bahasa efektif memungkinkan komunikasi
penulis dan pembaca berjalan lancar. Memang, bahasa merupakan alat komunikasi yang paling efektif.
c.
Paragraf Deduktif dan Induktif (campuran)
Paragraf
campuran merupakan paragraf yang gagasan utamanya terdapat di awal dan diakhir
paragraf. Jadi kalimat ini diawali dengan kalimat inti yang mengemukakan
kalimat utama, kemudian diikuti kalimat inti lagi. Kalimat inti pada akhir
paragraf biasanya merupakan variasi dari kalimat inti pada wal paragraf.
Contonya:
Salah satu persoalan sulit yang harus
dipecahkan pada tempat-tempat yang padat pemukiman penduduknya adalah masalah
air dan udara. Kemanakah sampah-sampah harus dibuang? Ditumpuk di
Pekarangan bau busuk akan memenuhi udara. Dibuang di Sungai, akan jadi kotor.
Dimana-mana di seluruh dunia terdengar pringatan akan bahaya pengotoran air dan
udara. Memang, masalah air dan udara
merupakan salah satu masalah yang sulit dipecahkan.
3. Ada beberapa pola pengembangan
paragraf
- Menempuh jalan pemikiran deduktif,
- Menempuh jalan pemikiran induktif,
- Menempuh jalan pemikiran deduktif dan induktif,
- Mengemukakan deskripsi atau narasi,
- Menurut urutan kejadian,
- Merangkaikan sebab akibat,
- Mengemukakan perbandingan atau analogi, atau mengajukan pertentangan.
Pengembangan
dengan pola deduktif, induktif dan campuran sudah diuraikan pada pola
pengembangan paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya. Berukut ini akan diuraikan bagian (d sampai
g).
a.
Mengemukakan Deskripsi atau Narasi
Pola pengembangan
paragraf dengan mengemukakan deskripsi atau narasi merupakan pula pengembangan
paragraf dengan cara melukiskan, memaparkan, atau membeberkan fakta dengan
kalimat-kalimat yang berkedudukan setara. Ada yang mengatakan paragraf deskriptif
atau narasi tidak mengandung kalimat utama dan penjelas karena masing-masing
kalimat mempunyai kedudukan setara.
Contohnya:
(1)
Indonesia terletak di daerah katulistiwa. (2) Panjangnya, bujur dari 95o
Bujur Timur, di sebelah Barat sampai 141o Bujur Timur di sebelah
Timur. (3) Lebarnya, membentang dari 60 Lintang Utara di sebelah Utara sampai
11o Lintang Selatan di sebelah Selatan. (4) Keadaan Wilayahnya lebih
kurang 66% terdiri atas Lautan dan sisinya sebagai daratan. (5) Jumlah
penduduknya tidak akan kurang dari 161.000.000 orang. Tanahnya subur, suhunya
tidak terlalu panas tidak terlalu dingin.
Paragraf
di atas terdiri dari 6 kalimat. Kalimat-kalimat itu mempunyai kedudukan yang
sama pentingnya. Oleh karena, itu wajarlah kalau ada yang mengatakan paragraf
deskriptif atau narasi semua kalimatnya merupakan kalimat utama.
b.
Menurut Urutan Kejadian atau Kronologis
Pengembangan paragraf dengan pola ini
dilakukan dengan mengurutkan kalimat sesuai dengan urutan kejadian berdasarkan
waktu. Maksudnya, kejadian paling awal, dikemukakan paling depan, kemudian,
secara berturut-turut kejadian berikutnya. Contohnya:
(1) Menurut jadwal, perkuliahan mata
kuliah bahasa Indonesia untuk jurusan Ilmu pemerintahan kelas tutorial UNSA
dilaksanakan pada hari Kamis pukul 15.00. (2) Pada tanggal 30 November 2007,
sebelum Pukul 15.00 dosen pengampu mata kuliah bahasa Indonesia sudah berada di
kampus dan siap untuk masuk ke ruangan kuliah. (3) Namun, perkuliahan belum
dapat dimulai tepat pada pukul 15.00 wita karena jumlah mahasiswa yang hadir
masih sedikit. (4) Perkuliahan baru dimulai pada pukul 15.15 wita. (5) Perkuliahan pada hari itu
membahas tentang pola pengembangan paragraf, kemudian dilanjutkan dengan karya
ilmiah. (5) Perkuliahan berakhir pada pukul 16.40 wita.
c. Merangkaikan Sebab Akibat
Pengembangan
paragraf dengan pola sebab akibat atau akibat sebab. Maksudnya, pengembangan
kalimat dimulai dengan sebab terlebih dahulu baru diikuti akibat atau
sebaliknya.
Contoh sebab akibat:
(1) Keluarga
berencana berusaha menjamin kebahagiaan hidup keluarga. (2) Ibu tidak selalu
hidup merana karena tiap tahun melahirkan. (3) Bapak tidak pula terlalu pusing
memikirkan usaha untuk mencukupi kebutuhan keluarga. (4) Anak tidak terlantar
kehidupannya.
Contoh akibat sebab
(1)
Kemarin sore, dia tidak pergi kemana-mana. (2) Hujan turun sangat deras. (3)
Atap rumahpun banyak yang bocor. (4) Keesokan harinya, dia berniat untuk
memperbaikinya.
d.
Mengemukakan Perbandingan atau Analogi
Pengembangan
paragraf dengan pola ini dilakukan dengan mengemukakan persamaan atau perbedaan
dari dua hal secara sistematis.
Contohnya:
(1)
Pantun
dan syair mempunyai persamaan dan perbedaan. (2) Keduanya tergolong puisi lama
yang terdiri dari 4 baris. (3) Pada syair keempat barisnya merupakan isi, sedangkan
pada pantun isinya terletak pada baris ke 3 dan ke 4. (4) Pantun berasal dari
bumi Indonesia, sedangkan syair berasal dari sastra Arab.
KUTIPAN DAN DAFTAR PUSTAKA
B. Kutipan
Dalam
penulisan karya ilmiah baik ilmiah populer artikel dan opini maupun karya
ilmiah murni seperti skripsi, disertasi dan tesis sering digunakan kutipan
untuk mengisi dan mempertegas isi tulisan. Tetapi apa sebenarnya yang dimaksud
dengan kutipan? Kutipan adalah peminjaman kalimat atau pendapat dari seorang
pengarang atau pembicaraan orang terkenal. Secara umum ada dua teknik menulis
kutipan, yaitu secara langsung dan secara tidak langsung. Antara kedua cara
membuat kutipan harus dapat dibedakan dengan jelas antara keduanya.
1.
KUTIPAN LANGSUNG
Kutipan langsung adalah pinjaman
pendapat dengan mengambil kata demi kata, kalimat demi kalimat dari teks asli.
a. Prinsip membuat kutipan langsung
1)
Jangan
mengadakan perubahan
2)
Bila
ada kesalahan jangan diperbaiki tetapi di depan penulisan yang salah tersebut
harus dicantumkan tanda (sic!) yang
artinya penulis tidak bertanggungjawab atas kesalahan penulisan yang dilakukan
pengarang.
3)
Apabila
ada bagian kalimat yang dihilangkan, pada bagian yang dihilangkan tersebut
dicantumkan tanda [...]. Tanda titik
tiga berarti ada bagian kalimat atau tulisan yang dihilangkan.
b. Cara Membuatkutipan langsung
a.
Kutipan
langsung tidak lebih dari empat baris harus diintegrasikan dengan teks dengan
cara-cara seperti berikut ini:
1)
Kutipan
diintegrasikan dengan teks
2)
Jarak
antara baris dengan baris 2 spasi
3)
Kutipan
tersebut diapit dengan tanda kutip [ “...”]
4)
Apabila
yang dikutip bahasa asing maka kutipan tesebut harus dimiringkan
Contohnya:
Istilah
penilaian, pengukuran, tes, dan evaluasi mempunyai pengertian yang
berbeda-beda, meskipun banyak orang yang salah dalam menafsirkannya. Untuk
mengetahui persamaan atau perbedaan beberapa istilah tersebut, berikut ini akan
diuraikan definisi penilaian, pengukuran, dan evaluasi. Menurut Airasian (1991:
18) “Assessment is the process of gathering, interpreting, and synthesizing
information to aid decision making in the classroom”. Semenatra itu,
Grolund & Linn (1990: 5), ”Evaluation is systematic process of
collecting, analyzing, and interpreting information to determine the extend to
which pupils are achieving instructional objectives”. Evaluasi merupakan
suatu proses sistimatis meliputi yang kegiatan mengumpulkan, menganalisa dan
menginterpretasikan informasi untuk menentukan sampai seberapa jauh peserta
didik mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
b.
Kutipan
langsung lebih dari empat baris
Apabila kutipan
terdiri dari lima baris atau enam baris maka penulisannya dapat dilakukan
dengan memperhatikan ketentuan berikut ini:
1)
Tulisan
tersebut dipisah dengan teks dengan jarak 2,5 spasi;
2)
Jarak
antar baris dengan baris kutipan satu spasi;
3)
Kutipan
tersebut boleh diapit atau tidak diapit dengan tanda kutip [“...”]
4)
Seluruh
kutipan dimasukkan ke dalam 5 – 7 ketukan bila alinea baru diawali dengan
kutipan
5)
Apabila
terdapat kutipan dalam kutipan maka kutipan menggunakan tanda kutip tunggal
(‘.....’).
Contoh kutipan lebih dari empat baris
Berkaitan dengan fungsi utama
instrumen penilaian untuk mengukur perkembangan belajar peserta didik, maka
dalam menyusun instrumen guru harus memperhatikan petunjuk umum penyusunan
instrumen. Menurut Popham (1995: 98) dalam menyusun instrumen harus memperhatikan
hal-hal sebagai berikut:
(1) thou shall not provide opaque directions to
students regarding how to respond to your assessment instrumen, (2) thou shall not employ ambiguous statements
in your assessment items, (3) thou shall not unintentionally provide students
with clues regarding apropriate responses, (4) thou shall not employ complex
syntax in your assessment items,(5) thou shall not use vocabulary that is more
advanced than required.
Berdasarkan petunjuk yang sudah dikemukakan di atas dapat
disimpulkan bahwa menyusun instrumen penilaian bukanlah hal yang mudah.
Menyusun instrumen penilaian membutuhkan keterampian dan kemampuan yang memadai
tentang mekanisme atau aturan-aturan penyusunan instrumen. Apabila guru sudah
memahami petenjuk penyusunan instrumen dengan baik, maka ada kecenderungan
instrumen yang dibuat juga baik. Seorang guru dapat menyusun instrumen yang
baik jika ditunjang oleh pemahaman teoretis tentang penyusunan isntrumen dan
berlatih secara terus-menerus.
2.
KUTIPAN TIDAK LANGSUNG
Kutipan tidak langsung adalah pinjaman
pendapat seorang pengarang atau tokoh terkenal berupa intisari atau ikhtisar
dari pendapat tersebut. Dalam kutipan tidak langsungt biasanya inti atau sari
pendapat itu yang dikemukakan. Sebab itu tidak boleh mempergunakan tanda kutip.
Berikut ini beberapa syarat harus diperhatikan untuk membuat kutipan tidak
langsung:
a.
Kutipan
itu diintegrasikan dengan teks;
b.
Jarak
antara baris 2 spasi
c.
Kutipan
tidak diapit dengan tanda kutip;
d.
Diakhir
atau diawal kutipan di buat dalam kurung (...) nama singkat pengarang, tahun dan halaman teks asli yang
dikutip.
Contokkutipan tidak langsung:
Formatif evaluation
(penilaian formatif) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir proses
pembelajaran. Penilaian formatif dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh
tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan berdasarkan
kompetensi dasar satuan pelajaran yang diajarkan. Menurut Djemari Mardapi
(2004: 72) penilaian formatif bertujuan untuk memperoleh masukan tentang
tingkat keberhasilan proses pembelajaran. Penilaian ini dilakukan secara
periodik sepanjang semester. Bahan penilaian ini dipilih berdasarkan tujuan
pembelajaran tiap pokok bahasan atau sub pokok bahasan.
3.
KUTIPAN PADA CATATAN KAKI
Catatan kaki adalah keterangan-keterangan atas teks
karangan yang ditempatkan pada kaki halaman karangan yang bersangkutan.
a.
Referensi dengan Satu Pengarang
......................................................................................................................................
Media pembelajaran yang telah dirancang dengan baik dapat
merangsang proses belajar mengajar yang baik di kelas.1 Penggunaan
media memberikan konstribusi yang baik terhadap proses belajar mengajar, baik
bagi guru maupun siswa. Penggunaan media dapat mempermudah guru dalam
menjelaskan materi pelajaran.

1. Drs. H. Udin S. Winata Putra, M.A., Strategi Belajar Mengajar (Jakarta,
2002), hal. 12.
Perhatikan:
a.
Nama
pengarang ditulis lengkap dan tidak dibalik
b.
Antara
pengarang buku dengan judul buku diberi tandakoma (,). Antara judul buku dengan
data publikasi tidak ada tanda koma atau titik.
c.
Tempat
dan tahun terbit ditulis dalam tanda kurung; penerbit tidak usah diikut
sertakan.
Atau
1. Drs.H. Udin S. Winata
Putra, M.A., “Strategi Belajar Mengajar” (Jakarta:Universitas Terbuka, 2002),
hal. 12.
b.
Referinsi dengan dua atau tiga pengarang
2. Agus hermansyah, M. Ali, A.
Rasul, Menjemput Masa Depan Pendidikan (Jakarta: Krida Laksana, 2003), hal. 22
– 23.
Perhatikan:
Tempat terbit dan penerbit
dicantumkan, jadi antara tempat terbit dan penerbut menggunakan titik dua (:).
c.
Buku yang terdiri dari banyak pengarang
3. M. Toha Hasan, et al., Pengantar Pendidikan (Bandung: Angkasa,
2005), hal. 20 – 28.
Atau
3. M. Toha Hasan, dkk.,
Pengantar Pendidikan (Bandung: Angkasa, 2005), hal. 20 – 28.
Perhatikan:
a.
Penulisan
nama pengarang hanya ditulis yang pertama saja sedangkan yang lain cukup
diganti dengan et al. atau dkk. Antara
nama pengarang dengan judul diberi tanda titik.
b.
Kalau
edisi berikutnya mengalami perubahan.
3. M. Toha Hasan, dkk., Pengantar Pendidikan (rev.ed.;Bandung,
2005), hal. 20 – 28.
a.
Keterangan
tentang ulang cetak atau edisi revisi (rev.ed.) dicantumkan dalam kurung
sebelum tempat terbit.
b.
Antara
keterangan edisi revisi dengan tempat terbit diberi tanda titik koma (;).
d.
Buku yang terdiri dari dua jilit atau lebih
5.
Prof. Dr. Suyanto, Pendidikan Alternatif Untuk Semua (Vol. I; Yogyakarta: Universitas
Negeri Yogyakarta, 2006), hal. 34 – 36.
Perhatikan:
a.
Keterangan
tentang volume terbit dicantumkan dalam kurung sebelum tempat terbit.
b.
Nomor
jilit selalu dengan angka romawi sedangkan nomor halaman dengan angka Arab.
e.
Sebuah terjemahan
6.Multatuli, Perserkatan
Dagang Kopi Indonesia, trj. H.B. Jassin (Jakarta, 1978), hal. 24.
Perhatikan:
a.
Nama
pengarang asli diletakkan di bagian awal
b.
Keterangan
tentang terjemahan diletakkan setelah judul buku dipisahkan dengan tanda koma.
f.
Jurnal Artikel
Mikusa, M.G. & Lewellen, H., “Now
Here is That, Authority on Mathematics Reforms,” The Mathematics Teacher, I (April , 1996) hal. 158-163.
g.
Referensi korang harian
20. Tajuk Rencana dalam
Kompas, 19 Januari, 1997, hal. 6.
Perhatikan:
Bila nama pengarang jelas,maka
catatan kaki itu dimulai dengan nama pengarang yang menulis artikel tersebut.
Penggunaan simbol yang harus
diperhatikan dalam catatan kaki:
1. ibid artinya nama yang sama diulangi dalam catatan kakit
Contohnya:
1. ibid
2. ibid. hal. 20.
**Ada beberapa singkatan yang
sering digunakan dalam catatan kakit
*
Ibit merupakan
singkatan yang berasal dari bahasa latin ibidem
yang berarti pada bagian atau tempat
yang sama.
* Op. Cit. Berasal dari bahasa latin opera citatato yang berarti pada
karya yang telah dikutip.
* Loc. Cit. Singkatan berasal dari bahasa latin yang berarti pada
tempat yang telah dikutip.
· DAFTAR PUSTAKA
Daftar
Pustaka dituliskan secara konsisten dan alphabetis sesuai dengan salah satu
model baku. Sumber yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka hanya yang benar-benar
dirujuk di dalam naskah. Semua sumber yang dirujuk di dalam naskah harus
dicantumkan di dalam Daftar Pustaka.
Daftar
Pustaka dapat bersumber pada buku, jurnal, majalah dan internet. Daftar Pustaka
ditulis menurut tata cara sebagai berikut.
1.
Buku
a. Buku dengan satu pengarang
Nama pengarang.
(tahun terbit). judul buku (cetak miring). edisi buku. kota penerbit: nama
penerbit. (model American Psychology
Association – APA edisi kelima).
Contoh:
Wiersma,
W. 1995. Research Methods in Education:
An Introduction. Boston: Allyn and Bacon.
Catatan:
1.
Nama
keluarga terlebih dahulu baru nama kecil atau inisial untuk nama orang yang
menggunakan nama marga pada kata pertama. Misalnya Ermawati A. Rahman
2.
Jika buku disusun oleh lembaga atau instansi
maka nama lembaga tersebut yang mengganti nama orang.
c.
Buku
dengan dua pengarang atau tiga pengarang
Olivert,
Robert T., and Rupert L. Cortright. 1958. New
Training for Effective Speech. New York: Hendry Holt and Company, Inc.
Catatan:
1. Nama pengarang kedua dan
ketiga tidak dibalikkan, dalam hal lain sama dengan bagian a.
2. Urutan nama pengarang harus
sesuai dengan apa yang tercantum pada halaman judul buku, tidak boleh diadakan
perubahan urutannya.
d.
Buku
dengan banyak pengarang
Morris,
Alton C., et. Al. 1985. College Englis,
the Firs Year. New York: Hendry Holt and Company, Inc.
Catatan:
Hanya nama
pengarang pertama yang dicantumkan dengan susunan terbalik.untuk menggantikan
nama-nama pengarang lainnya cukup penggunakan et. al. atau dkk.
e.
Jika
buku tersebut mengalami perubahan
Moliono,
Anton. 2004. Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonsia. Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia.
f.
Sebuah
buku terjemahan
Charles,
Andrson. 1987. Penilaian dalam
Pembelajaran Bahasa, terj. Muhammad Sodik. Jakarta: Gramedia.
2.
Artikel/Bab
dalam suatu Buku:
Nama pengarang.
(tahun terbit). judul artikel. In/dalam
nama editor (Ed.). judul buku (cetak
miring). Edisi. nama penerbit, kota penerbit, halaman
Contoh:
Schoenfeld, A.H. 1993. On Mathematics as Sense Making: An
Informal Attack on the Unfortunate Divorce of Formal and Informal
Mathematics, in J.F. Voss., D.N. Perkins & J.W. Segal (Eds.). Informal Reasoning and Education.
Hillsdale. NJ: Erlbaum, pp. 311-344.
3.
Artikel dari Jurnal
Nama pengarang,
tahun, judul artikel, nama jurnal (cetak miring), volume jurnal, halaman.
Contoh:
Mikusa,
M.G. & Lewellen, H., 1999. Now Here is That, Authority on Mathematics Reforms,
The Mathematics Teacher, 92: 158-163.
4.
Majalah
Nama pengarang,
tahun, judul artikel, nama majalah (cetak miring) volume terbitan, nomor
terbitan, halaman.
Contoh:
Ross,
D. 2001. The Math Wars, Navigator,
Vol 4, Number 5, pp. 20-25.
5.
Internet
Nama pengarang,
tahun, judul (cetak miring), alamat website, tanggal akses.
Contoh:
Wu,
H.H. 2002. Basic Skills versus Conceptual
Understanding: A Bogus Dichotomy in Mathematics Education. Tersedia pada http://www.aft.org/publications.
Diakses pada tanggal 11 Februari 2006.
BEBERAPA TEKNOLOGI BARU DI DUNIA
Diposting oleh
Dauz biotekhno
di
06.17
Selasa, 04 Oktober 2011
1.
Organisma X
J. Craig Venter, ahli genetikadari
State University Of
New York telah berhasil membuat species baru organisma bersel satu yang
dibuat berdasar proses penggabungan gen. Dengan kata
lain ilmuwan telah berhasil membuat makhluk hidup jenis baru! (bukan
membuat makhluk hidup).
Bakteri ini merupakan bakteri dasar yang bisa dikembangkan menjadi bakteri jenis lain sesuai keinginan.
Beberapa yang menjadi target Venter: bakteri penghasil listrik (geobacter), bakteri pengurai tumpahan minyak bumi, bakteri penghasil bahan bakar (biofuel), bakteri pemakan virus, dan, ini paling menarik: bakteri pembalik proses global warming (penyerap CO2).
2. Obat AIDS
Meskipun baru mencapai efektifitas 31%, namun ini merupakan tonggak kemajuan terbesar dari penemuan obat HIV AIDS yang selama 20 tahun terakhir sepertinya tanpa harapan. Sayangnya obat ini bukan merupakan vaksin yang bisa mencegah berkembangnya virus AIDS. Tapi lumayanlah.
3. Witricity
Witricity adalah perusahaan teknologi electric wireless pertama yang akan meluncurkan produk ini. Dengan transmitter dan receiver yang compact ukurannya, Witricity menawarkan solusi untuk mengalirkan listrik secara wireless ke peralatan rumah tangga.
Diperkenalkan pada ajang TED oleh insinyur MIT, bisa dibayangkan ke depannya dimana akan semakin banyakmobil listrik dipasarkan, produk ini
akan mengalami booming yang luar biasa. (mungkin itu sebabnya
dinamakan Witricity: Memancarkan energi listrik pada level kota?). Dan
di dalam rumah, akan terbebas dari uluran kabel yang ribet dan
mengganggu.
4. Lampu LED
Dengan hanya 10 Watt listrik bisa dihasilkan terang cahaya setara 60W lampu biasa. Dan daya tahannya itu lho yang mencapai 3 tahun. Dekade berikutnya diperkirakan pemakaian lampu LED ini akan meluas seiring dengan sentimen penghematan energi. Paling tidak tahun depan ketika ekonomidunia mulai bangkit, maka harga
minyak diperkirakan akan melambung. Harga minyak naik, besar
kemungkinan, listrik naik.
5.Teleskop Infra Merah
Nampaknya tak terlalu luar biasa. Namun jika diketahui fakta bahwa ada bagian dari langit yang tidak bisa dilihat dengan teleskop biasa (karena sangking dinginnya bahkan cahaya tidak bisa merambat) maka teleskop milik UniEropa ini mungkin akan membawa pengetahuan baru kepada umat manusia tentang apa isi langit yang tak tertembus tsb. Apakah benda angkasa yang terdapat di bagian alam semesta yang sangat dingin tsb ? Mungkin bukan bintang dan sejenisnya. Atau mungkin …
6. QuantumKomputer
Google bekerjasama dengan Dwave Computer
membuat komputer quantum untuk memulai riset yang ditujukan untuk
menggantikan server-server Google di kemudian hari. Meskipun pada tahap
ini masih difokuskan untuk membuat komputer yang lebih cepat dalam
mengenali image/gambar.
Komputer Quantum adalah komputer jenis baru yang berbeda secara mendasar jika dibandingkan dengan komputer sekarang. Jika komputer sekarang hanya dikenal 4 kemungkinan bit yakni 00, 01, 10, dan 11 maka pada komputer kuantum punya istilah Qubits (Quantum bits) yang terdiri dari 0,1, dan sebuah nilai yang disebut superposisi yakni nilai yang bisa 0 dan bisa 1. Hasilnya quantum komputer akan lebih cepat memproses data yg masuk. Dari 3 tahunan menjadi 1 hari saja. Kalau project ini sukses, maka kemampuan otak manusia akan disamai oleh komputer PC tahun 2020.
7. GPS Pribadi
Meski sistem GPS lahir di dunia militer dan tidak terlalu dominan mewarnai hidup kita sehari-hari, namun GPS adalah penemuan dekade ini yang juga penting. Dengan sistem GPS kita bisa melacak keberadaan object atau barang hilang dengan ketepatan 3 meter dengan sebenarnya. Terlebih dengan adanya aplikasi GPS gratis dari Google, maka GPS akan semakin mewarnai kehidupan umat manusia sehari-hari. Aplikasinya juga amat luas, mulai alat penunjuk jalan dan penerbangan, kebutuhan militer, sampai game kucing2-an.
Meskipun dimulai sejak era tahun 60-an, namun GPS bisa dianggap sebagai penemuan dekade ini karena mulai diaplikasikan secara luas dan pada tingkat pribadi pada tahun 2000-an. Pada tahun 2004, Qualcomm adalah perusahaan pertama yang meletakkan fitur GPS pada chip mobile phone. Dan pada tahun 2005, satelit pertama GPS akurasi 3 meter mulai diluncurkan.
8. Robot
Mirip dengan GPS, robot juga merupakan penemuan yang berevolusi sejak lama. Diawali pada abad ke satu (!) namun robot yang mampu menirukan gerak-gerik manusia secara hampir sempurna baru lahir pada dekade ini, yakni robot Humanoid Asimo dari Honda.
9. Flash Disk dan turunannya
Era Compact Disk dan (apalagi) disket mulai berakhir di penghujung tahun 2000-an. Hadirnya USB Flash Disk menggantikan peran mereka sebelumnya. Saat ini kita bisa membawa sekitar 40 GB data di saku baju dengan ukuran alat yang lebih kecil dan sekuritas yang lebih baik pula.
Dengan semakin kecilnya ukuran data storage, beberapa fungsionalitas juga telah ditambahkan di dalamnya. Misalnya koneksi internet (3G), sound recorder, MP3/MP4 player, juga komputer saku. Jadi akhirnya inovasi flash disk memungkinkan inovasi berikutnya. Bayangkan membawa iPod dengan harddisk di dalamnya. Berat.
10. Mobil Listrik
Meski baru beberapa pabrikan yang meluncurkannya, namun ke depan kami yakin mobil listrik segera menjadi fenomena yang tak terhindarkan. Honda, Toyota, dan beberapa pabrikan China telah memulai era baru permobilan ini dengan membuat mobil Hybrid (gabungan mesin bensin dan motor listrik) dan mobil listrik murni.
Era mobil listrik tidak hanya akan merubah wajah dunia permobilan, namun juga wajah dunia secara keseluruhan. Dunia yang saat ini menghadapi situasi dilematis untuk mengakhiri era minyak yang polutif.
J. Craig Venter, ahli genetika
Bakteri ini merupakan bakteri dasar yang bisa dikembangkan menjadi bakteri jenis lain sesuai keinginan.
Beberapa yang menjadi target Venter: bakteri penghasil listrik (geobacter), bakteri pengurai tumpahan minyak bumi, bakteri penghasil bahan bakar (biofuel), bakteri pemakan virus, dan, ini paling menarik: bakteri pembalik proses global warming (penyerap CO2).
2. Obat AIDS

Meskipun baru mencapai efektifitas 31%, namun ini merupakan tonggak kemajuan terbesar dari penemuan obat HIV AIDS yang selama 20 tahun terakhir sepertinya tanpa harapan. Sayangnya obat ini bukan merupakan vaksin yang bisa mencegah berkembangnya virus AIDS. Tapi lumayanlah.
3. Witricity

Witricity adalah perusahaan teknologi electric wireless pertama yang akan meluncurkan produk ini. Dengan transmitter dan receiver yang compact ukurannya, Witricity menawarkan solusi untuk mengalirkan listrik secara wireless ke peralatan rumah tangga.
Diperkenalkan pada ajang TED oleh insinyur MIT, bisa dibayangkan ke depannya dimana akan semakin banyak
4. Lampu LED


Dengan hanya 10 Watt listrik bisa dihasilkan terang cahaya setara 60W lampu biasa. Dan daya tahannya itu lho yang mencapai 3 tahun. Dekade berikutnya diperkirakan pemakaian lampu LED ini akan meluas seiring dengan sentimen penghematan energi. Paling tidak tahun depan ketika ekonomi
5.

Nampaknya tak terlalu luar biasa. Namun jika diketahui fakta bahwa ada bagian dari langit yang tidak bisa dilihat dengan teleskop biasa (karena sangking dinginnya bahkan cahaya tidak bisa merambat) maka teleskop milik UniEropa ini mungkin akan membawa pengetahuan baru kepada umat manusia tentang apa isi langit yang tak tertembus tsb. Apakah benda angkasa yang terdapat di bagian alam semesta yang sangat dingin tsb ? Mungkin bukan bintang dan sejenisnya. Atau mungkin …
6. Quantum
Komputer Quantum adalah komputer jenis baru yang berbeda secara mendasar jika dibandingkan dengan komputer sekarang. Jika komputer sekarang hanya dikenal 4 kemungkinan bit yakni 00, 01, 10, dan 11 maka pada komputer kuantum punya istilah Qubits (Quantum bits) yang terdiri dari 0,1, dan sebuah nilai yang disebut superposisi yakni nilai yang bisa 0 dan bisa 1. Hasilnya quantum komputer akan lebih cepat memproses data yg masuk. Dari 3 tahunan menjadi 1 hari saja. Kalau project ini sukses, maka kemampuan otak manusia akan disamai oleh komputer PC tahun 2020.
7. GPS Pribadi

Meski sistem GPS lahir di dunia militer dan tidak terlalu dominan mewarnai hidup kita sehari-hari, namun GPS adalah penemuan dekade ini yang juga penting. Dengan sistem GPS kita bisa melacak keberadaan object atau barang hilang dengan ketepatan 3 meter dengan sebenarnya. Terlebih dengan adanya aplikasi GPS gratis dari Google, maka GPS akan semakin mewarnai kehidupan umat manusia sehari-hari. Aplikasinya juga amat luas, mulai alat penunjuk jalan dan penerbangan, kebutuhan militer, sampai game kucing2-an.
Meskipun dimulai sejak era tahun 60-an, namun GPS bisa dianggap sebagai penemuan dekade ini karena mulai diaplikasikan secara luas dan pada tingkat pribadi pada tahun 2000-an. Pada tahun 2004, Qualcomm adalah perusahaan pertama yang meletakkan fitur GPS pada chip mobile phone. Dan pada tahun 2005, satelit pertama GPS akurasi 3 meter mulai diluncurkan.
8. Robot

Mirip dengan GPS, robot juga merupakan penemuan yang berevolusi sejak lama. Diawali pada abad ke satu (!) namun robot yang mampu menirukan gerak-gerik manusia secara hampir sempurna baru lahir pada dekade ini, yakni robot Humanoid Asimo dari Honda.
9. Flash Disk dan turunannya

Era Compact Disk dan (apalagi) disket mulai berakhir di penghujung tahun 2000-an. Hadirnya USB Flash Disk menggantikan peran mereka sebelumnya. Saat ini kita bisa membawa sekitar 40 GB data di saku baju dengan ukuran alat yang lebih kecil dan sekuritas yang lebih baik pula.
Dengan semakin kecilnya ukuran data storage, beberapa fungsionalitas juga telah ditambahkan di dalamnya. Misalnya koneksi internet (3G), sound recorder, MP3/MP4 player, juga komputer saku. Jadi akhirnya inovasi flash disk memungkinkan inovasi berikutnya. Bayangkan membawa iPod dengan harddisk di dalamnya. Berat.
10. Mobil Listrik

Meski baru beberapa pabrikan yang meluncurkannya, namun ke depan kami yakin mobil listrik segera menjadi fenomena yang tak terhindarkan. Honda, Toyota, dan beberapa pabrikan China telah memulai era baru permobilan ini dengan membuat mobil Hybrid (gabungan mesin bensin dan motor listrik) dan mobil listrik murni.
Era mobil listrik tidak hanya akan merubah wajah dunia permobilan, namun juga wajah dunia secara keseluruhan. Dunia yang saat ini menghadapi situasi dilematis untuk mengakhiri era minyak yang polutif.
TEKNOLOGI-TEKNOLOGI CANGGIH DI DUNIA
Diposting oleh
Dauz biotekhno
di
06.14
Selasa, 04 Oktober 2011
Teknologi-Teknologi Tercanggih Di Dunia Saat Ini
1. Quantum Teleporter

Q-Teleportation telah berhasil pada objek yang lebih kecil berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. “Kami bisa melakukan ekesperimen quantum teleportation untuk pertama kalinya di luar laboratorium universitas,” kata Rupert Ursin, peneliti Institute if Experimental Physics, Universitas Vienna, Austria. Pada Q-Teleportation, quantum pada objek dihancurkan dan dibuat kembali. Oleh karena itu, Q-Teleportation tidak bisa memindahkan benda hidup maupun mati secara keseluruhan fisik. Alat ini “menciptakan” replika benda sebelumnya pada posisi di tempat lain dan benda sebelumnya akan “menghilang” selama replikanya diciptakan.
sumber: National Geographic.
2. 360º 3-D Holographic Displays

ZCam™ merupakan kamera video yang bisa merekam informasi hingga ke dalam bagian objek (yang biasa digunakan untuk membuat model 3D) video dan kemudian diproduksi oleh 3DV Systems. Teknologi ini berbasiskan prinsip “Time of Flight”. Pada teknik ini, data ukuran 3D didapatkan dengan cara mengirim gelombang infra merah ke dalam scene video dan mendeteksi cahaya yang direfleksikan oleh permukaan objek pada scene video. Dengan menggunakan variabel waktu yang ditempuh oleh gelombang infra merah untuk mencapai objek target dan saat kembali, jarak bisa dihitung dan kemudian digunakan untuk membuat informasi 3D dari semua objek pada scene.

ZCam™ merupakan kamera video yang bisa merekam informasi hingga ke dalam bagian objek (yang biasa digunakan untuk membuat model 3D) video dan kemudian diproduksi oleh 3DV Systems. Teknologi ini berbasiskan prinsip “Time of Flight”. Pada teknik ini, data ukuran 3D didapatkan dengan cara mengirim gelombang infra merah ke dalam scene video dan mendeteksi cahaya yang direfleksikan oleh permukaan objek pada scene video. Dengan menggunakan variabel waktu yang ditempuh oleh gelombang infra merah untuk mencapai objek target dan saat kembali, jarak bisa dihitung dan kemudian digunakan untuk membuat informasi 3D dari semua objek pada scene.
3. Lightsaber (Pedang Laser)

Yang kita ketahui, pedang ini hanyalah hasil “karya: pada film-film sains fiksi belaka!! Lightsaber terdiri dari logam dan mata pedang berupa plasma sepanjang 1 meter. Lightsaber ini bisa memotong objek tanpa perlawanan sedikitpun. Bisa meninggalkan luka bakar pada kulit manusia. Tapi pedang ini bisa ditangkis, namun dengan pedang lightsaber pula, bisa juga ditangkis dengan perisai.

Yang kita ketahui, pedang ini hanyalah hasil “karya: pada film-film sains fiksi belaka!! Lightsaber terdiri dari logam dan mata pedang berupa plasma sepanjang 1 meter. Lightsaber ini bisa memotong objek tanpa perlawanan sedikitpun. Bisa meninggalkan luka bakar pada kulit manusia. Tapi pedang ini bisa ditangkis, namun dengan pedang lightsaber pula, bisa juga ditangkis dengan perisai.
4. JetPack

Jetpack, juga termasuk alat yang banyak kita temukan di film sains fiksi, yang mana alat ini menggunakan jet yang melepaskan gas (bisa juga air) dan kemudian “menerbangkan” penggunanya. TAM adalah perusahaan pertama dan satu-satunya di dunia yang memproduksi paket lengkap kostum yang didesain oleh Rocket Belt menggunakan mutakhir dan juga material aerospace dengan mesin penyulingan khusus untuk memproduksi bahan bakar Hidrogen Peroksida jet anda.

Jetpack, juga termasuk alat yang banyak kita temukan di film sains fiksi, yang mana alat ini menggunakan jet yang melepaskan gas (bisa juga air) dan kemudian “menerbangkan” penggunanya. TAM adalah perusahaan pertama dan satu-satunya di dunia yang memproduksi paket lengkap kostum yang didesain oleh Rocket Belt menggunakan mutakhir dan juga material aerospace dengan mesin penyulingan khusus untuk memproduksi bahan bakar Hidrogen Peroksida jet anda.
5. Military exoskeleton prototype

Military exoskeleton merupakan sejenis rangka luar bertenaga hidrolik yang dipasang pada militer dan bisa mengangkat hingga 100 kg benda untuk jangka waktu yang lama dan bisa sambil mengelilingi suatu area pula. Desainnya yang fleksibel memungkinkan pengguna untuk berjongkok, bergerak pelan dan “mengangkat” ke atas. Tidak ada joystick maupun mekanisme kontrol lainnya. Kontrolnya menggunakan indra manusia.

Military exoskeleton merupakan sejenis rangka luar bertenaga hidrolik yang dipasang pada militer dan bisa mengangkat hingga 100 kg benda untuk jangka waktu yang lama dan bisa sambil mengelilingi suatu area pula. Desainnya yang fleksibel memungkinkan pengguna untuk berjongkok, bergerak pelan dan “mengangkat” ke atas. Tidak ada joystick maupun mekanisme kontrol lainnya. Kontrolnya menggunakan indra manusia.
6. Flying Car

“Mobil terbang” ini disebut “The Highway in the Sky”. Jika tiap waktu agan terjebak macet, maka dengan menggunakan flying car ini agan bisa berputar dan menukik di angkasa agar bisa sampai di tujuan dengan cepat.

“Mobil terbang” ini disebut “The Highway in the Sky”. Jika tiap waktu agan terjebak macet, maka dengan menggunakan flying car ini agan bisa berputar dan menukik di angkasa agar bisa sampai di tujuan dengan cepat.
7. Flying Saucer

Ini adalah model kendaraan udara tak berawak dengan bentuk cawan (mirip pesawat UFO uy) yang dibuat oleh sebuah perusahaan di Inggris bernama Aesir.
8. Virtual Goggles
Ini adalah model kendaraan udara tak berawak dengan bentuk cawan (mirip pesawat UFO uy) yang dibuat oleh sebuah perusahaan di Inggris bernama Aesir.

Teknologi telah membawa dunia virtual ke dalam komputer kita sejak lama. Tapi, dunia virtual tersbut sekarang bisa disaksikan di rumah kita. Sebuah ekseprimen yang telah dilakukan selama beberapa dekade, sekarang telah menjadi kenyataan.

Pada gambar di atas, wanita tsb sedang menggunakan device berteknologi virtual bernama iWear VR920 dari perusahaan Icuiti. Alat tsb bisa berfungsi sebagai output video juga sebagai gaming console.
ASAL-MULA MANUSIA DARI SUDUT PANDANG ILMUPENGETAHUAN DAN AL-QUR'AN
Diposting oleh
Dauz biotekhno
di
05.36
Selasa, 04 Oktober 2011
Manusia telah hidup di bumi sejak 4 juta tahun yang lalu. banyak ilmuwan
mempercayai, kehidupan manusia berawal dari terpisahnya sebuah spesies
hominid dari garis evolusi primata yang akan menurunkan simpanse dan
gorila. Kemudian, hominid ini berkembang dan menurunkan manusia modern,
Homo sapiens. pernyataan ini dipengaruhi oleh teori evolusi yang
dikemukakan oleh Charles Darwin.
Teori evolusi adalah suatu teori yang menyatakan bahwa makhluk hidup pada masa lampau, beradaptasi dan mengalami perubahan bentuk bagian-bagian tubuhnya. biasanya, proses ini terjadi dalam waktu yang sangat lama. Proses ini disebut evolusi.
Teori evolusi mengatakan bahwa manusia merupakan keturunan dari hominid. Hominid adalah makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri diantara manusia dan kera. Banyak fosil-fosil hominid ini tersebar di seluruh bagian dunia. Fosil hominid tertua yang pernah ditemukan adalah Australopithecus africanus. Hominid ini ditemukan di Afrika. Australopithecus memiliki kapasitas otak sebesar 450 cc. Hominid ini sudah bisa berjalan dengan posisi tegak. Posisi tegak ini sangat penting karena, posisi ini memberikan beberapa keuntungan bagi hominid ini. Contohnya hominid ini sudah bisa melihat benda dalam jarak yang jauh dan ia sudah bisa memindahkan berat ke tangan.
Sekitar 2 juta tahun yang lalu, muncullah Homo habilis, spesies ini diperkirakan merupakan keturunan dari Australopithecus africanus. Homo habilis sudah memiliki kemampuan untuk membuat peralatan-peralatan kasar dari batu-batuan dan tulang hewan. Mereka bertahan hingga sekitar 1,5 juta tahun yang lalu. Kemudian, mereka digantikan oleh Homo Erectus.
Homo erectus adalah jenis hominid yang kemungkinan besar merupakan keturunan dari Homo Habilis. Homo erectus memiliki kapasitas otak yang lebih besar daripada Homo habilis. Mereka sudah mamou membuat peralatan yang lebih halus dan rapi dari bebatuan dan tulang hewan.
Kemudian, Homo erctus menurunkan Homo Neanderthalensis. Homo Neanderthalensis hidup di gua-gua dan telah bisa mengubur orang mati. Di beberapa wilayah, mereka mampu bertahan sampai 40.000 tahun yang lalu. Akan tetapi, mereka punah daan digantikan Homo sapiens, manusia modern.
Itulah yang dinyatakan oleh teori evolusi tentang sejarah kehidupan manusia. Akan tetapi, hal ini sangat bertolak belakang dengan apa yang telah tertulis dalam Al-Qur'an. Di dalam Al-Qur'an tertulis bahwa manusia telah diciptakan dengan bentuk yang sempurna tanpa ada kekurangan sedikitpun.
Teori evolusi adalah suatu teori yang menyatakan bahwa makhluk hidup pada masa lampau, beradaptasi dan mengalami perubahan bentuk bagian-bagian tubuhnya. biasanya, proses ini terjadi dalam waktu yang sangat lama. Proses ini disebut evolusi.
Teori evolusi mengatakan bahwa manusia merupakan keturunan dari hominid. Hominid adalah makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri diantara manusia dan kera. Banyak fosil-fosil hominid ini tersebar di seluruh bagian dunia. Fosil hominid tertua yang pernah ditemukan adalah Australopithecus africanus. Hominid ini ditemukan di Afrika. Australopithecus memiliki kapasitas otak sebesar 450 cc. Hominid ini sudah bisa berjalan dengan posisi tegak. Posisi tegak ini sangat penting karena, posisi ini memberikan beberapa keuntungan bagi hominid ini. Contohnya hominid ini sudah bisa melihat benda dalam jarak yang jauh dan ia sudah bisa memindahkan berat ke tangan.
Sekitar 2 juta tahun yang lalu, muncullah Homo habilis, spesies ini diperkirakan merupakan keturunan dari Australopithecus africanus. Homo habilis sudah memiliki kemampuan untuk membuat peralatan-peralatan kasar dari batu-batuan dan tulang hewan. Mereka bertahan hingga sekitar 1,5 juta tahun yang lalu. Kemudian, mereka digantikan oleh Homo Erectus.
Homo erectus adalah jenis hominid yang kemungkinan besar merupakan keturunan dari Homo Habilis. Homo erectus memiliki kapasitas otak yang lebih besar daripada Homo habilis. Mereka sudah mamou membuat peralatan yang lebih halus dan rapi dari bebatuan dan tulang hewan.
Kemudian, Homo erctus menurunkan Homo Neanderthalensis. Homo Neanderthalensis hidup di gua-gua dan telah bisa mengubur orang mati. Di beberapa wilayah, mereka mampu bertahan sampai 40.000 tahun yang lalu. Akan tetapi, mereka punah daan digantikan Homo sapiens, manusia modern.
Itulah yang dinyatakan oleh teori evolusi tentang sejarah kehidupan manusia. Akan tetapi, hal ini sangat bertolak belakang dengan apa yang telah tertulis dalam Al-Qur'an. Di dalam Al-Qur'an tertulis bahwa manusia telah diciptakan dengan bentuk yang sempurna tanpa ada kekurangan sedikitpun.
Langganan:
Postingan (Atom)
Lencana Facebook
Label
- AGAMA (3)
- AKU & TULISANKU (6)
- ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA (4)
- ARTIKEL (34)
- bahasa (2)
- BIOKIMIA (3)
- BIOLOGI (39)
- BOTANI (2)
- CONTOH LKS (6)
- GEOGRAFI (4)
- JURNAL (2)
- KARYA TULIS ILMIAH (3)
- KESEHATAN (3)
- MAKALAH (18)
- MIKOLOGI (4)
- MITOS / LEGENDA (1)
- ORNITOLOGI (1)
- PATOLOGI (4)
- PENGANTAR KOMPUTER (2)
- PROPOSAL (2)
- PUISI (7)
- RESUME (1)
- TAU GAK SIH...??? (1)
- TEKHNOLOGI (3)
- TEMPAT WISATA BIMA (3)
- TIPS (10)
- VIDEO (1)
- ZOOLOGI (12)
Mengenai Saya

- Dauz biotekhno
- BIMA, NTB, Indonesia
- nama saya firdaus, saya lahir dari pasangan suami istri bapak yasin dan ibu fatimah. saya lahir di bima provinsi nusa tenggara barat. saya lahir pada tanggal 17 Desember.
Categories
- AGAMA (3)
- AKU & TULISANKU (6)
- ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA (4)
- ARTIKEL (34)
- bahasa (2)
- BIOKIMIA (3)
- BIOLOGI (39)
- BOTANI (2)
- CONTOH LKS (6)
- GEOGRAFI (4)
- JURNAL (2)
- KARYA TULIS ILMIAH (3)
- KESEHATAN (3)
- MAKALAH (18)
- MIKOLOGI (4)
- MITOS / LEGENDA (1)
- ORNITOLOGI (1)
- PATOLOGI (4)
- PENGANTAR KOMPUTER (2)
- PROPOSAL (2)
- PUISI (7)
- RESUME (1)
- TAU GAK SIH...??? (1)
- TEKHNOLOGI (3)
- TEMPAT WISATA BIMA (3)
- TIPS (10)
- VIDEO (1)
- ZOOLOGI (12)
Popular Posts
-
BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Biologi merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan makhluk hidup. Studi tentang makhluk ...
-
Tips Cara Onani / Masturbasi Yang Aman, Sehat, Enak, Baik Dan Benar Artikel yang satu ini hanya boleh dibaca dan dipraktekkan oleh orang ...
-
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Di dalam tubuh manusia terdapat sisitem koordinasi yang akan mengatur agar s...
-
PROPOSAL A. LATAR BELAKANG Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan l...
-
BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Burung mempunyai daya tarik khusus bagi manusia karena berbagai alasan diantaranya adalah bu...
-
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Asal Mula Tumbuhan Vaskuler Perkembangan evolusi tumbuhan vaskuler dimula...
-
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Vegetasi merupakan kumpulan tumbuh - tumbuhan, biasanya terdiri dari beberapa jenis yang...
-
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN Lomba Karya Tulis Ilmiah Dan Rakorwil IKAHIMBI Wilker VI (Bali-Nusa Tenggara) I. PENDAHULUAN ...
-
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Burung mempunyai daya tarik khusus bagi manusia karena berbagai alasan diantaranya adalah b...
menurut kamu blog aq gmana.......?
Pengikut
bagaimana menurutmu blog aq,,,?????
Diberdayakan oleh Blogger.
WELCOME TO MY BLOG
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA,,,^_^
SEMOGA YANG SAYA POST BERMANFAAT UNTUK ANDA DAN UNTUK KITA SEMUA DAN MUDAH-MUDAHAN MENAMBAH WAWASAN KITA TENTANG DUNIA,,,Amiinnnn
SEMOGA YANG SAYA POST BERMANFAAT UNTUK ANDA DAN UNTUK KITA SEMUA DAN MUDAH-MUDAHAN MENAMBAH WAWASAN KITA TENTANG DUNIA,,,Amiinnnn
Total Pageviews
Labels
AGAMA
(3)
AKU & TULISANKU
(6)
ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA
(4)
ARTIKEL
(34)
bahasa
(2)
BIOKIMIA
(3)
BIOLOGI
(39)
BOTANI
(2)
CONTOH LKS
(6)
GEOGRAFI
(4)
JURNAL
(2)
KARYA TULIS ILMIAH
(3)
KESEHATAN
(3)
MAKALAH
(18)
MIKOLOGI
(4)
MITOS / LEGENDA
(1)
ORNITOLOGI
(1)
PATOLOGI
(4)
PENGANTAR KOMPUTER
(2)
PROPOSAL
(2)
PUISI
(7)
RESUME
(1)
TAU GAK SIH...???
(1)
TEKHNOLOGI
(3)
TEMPAT WISATA BIMA
(3)
TIPS
(10)
VIDEO
(1)
ZOOLOGI
(12)